Blogger Widgets

Selasa, 14 April 2015

contoh laporan magang tentang jaringan



BAB I
PENDAHULUAN

      A.    Latar Belakang Praktek Kerja Nyata
     Kemajuan Teknologi Informasi (TI) di Indonesia yang semakin pesat, dan persaingan usaha yang semakin ketat dan tangatangan globalisasi di masa yang akan datang, kita harus mempersiapkan bekal untuk menghadapinya, bagi para pemikir yang kritis dan kondusif, ini akan dijadikan sebuah persaingan sekaligus tantangan untuk menjadikan dirinya menjadi yang terbaik. Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman maka kita akan selalu siap menghadapi perkembangan zaman ini.
                 Kemajuan teknologi di Indonesia tidak hanya berguna dikalangan orang-orang TI saja, namun di dunia industri juga pendidikan dan perusahaan sekarang telah berpengaruh besar terhadap kemajuan TI. D Indonesia, dampak yang dapat dilihat dari perkembengan TI yang digunakan di dunia pendidikan adalah sekarang sebagian besar sekolah di Indonesia minimal Sekolah Dasar (SD) telah diajarkan bagaimana cara mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.
                 Sebab itu sebagai seorang TI kita juga harus mempersiapkan diri untuk bersaing dengan pihak-pihak lain. Salah satu cara untuk mmempersiapkan diiri yaitu dengan mempraktekan ilmu yang kita dapat di bangku kuliah di dunia nyata nyata yaitu pada dunia usaha, industri, perusahaan  dan lembaga lainnya baik pemerintah maupun swasta, melalui program PKN.


B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah, yaitu sebagai berikut :

-  Topologi Jaringan Local Area Network (LAN) apa yang  digunakan SMP  Negeri 3 Slahung.
-   Apa manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec.Slahung.

C. Batasan Masalah
                        Penggunaan  Topologi Jaringan Komputer Dalam Pembelajaran     
      Teknologi  Informasi Dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec. Slahung Kab. Ponorogo
      Tahun 2013.

D. Tujuan Praktek Kerja Nyata
            Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan di SMP Negeri 3 Slahung ini adalah sebagai berikut:
            -  Untuk mengetahui Topologi Jaringan Local Area Network \          
               (LAN) yang  digunakan SMP  Negeri 3 Slahung.
            -  Untuk mengetahui manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran
               Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec.Slahung.

E. Manfaat  Praktek Kerja Nyata
        1.  Bagi Penulis
             -  Melatih disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
             -  Mahasiswa dapat mengenal lingkungan kerja pada suatu instansi untuk
                 menambah pengetahuan, pengalaman dan mengetahui jaringan
                 Komputer Local Area Network (LAN) SMP Negeri 3 Slahung.
             -  Untuk  mengetahui manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran
                Teknik Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec. Slahung
              -  Menerapkan teori yang diberikan di perkuliahan dengan melaksanakan
                  praktik langsung ke lapangan.
       2.  Bagi SMP Negeri 3 Slahung
             -  Dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam mengembangkan
                 Jaringan Komputer di SMP Negeri 3 Kec. Slahung
             -  Dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengatasi masalah jaringan
                 komputer SMP Negeri 3 Kec. Slahung
-    Dapat digunakan untuk mengetahui manfaat Jaringan Komputer dalam   
  Pembelajaran TIK di SMP Negeri 3 Kec. Slahung

F.  Metodologi 
            Metodologi merupakan Metode pengumpulan data atau suatu cara mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam menyelesaikan Kerja Praktek Lapngan ini. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Metode Observasi
            Merupakan metode yang dilakukan dengan cara mengamati secara langsung objek dan permasalahan yang terjadi pada organisasi tempat kerja praktek, terutama yang berhubungan tentang dunia informasi.
2. Metode Interview
            Merupakan metode yang dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan Kepala Sekolah, Ka Lab Komputer, Guru Komputer dan  Staf-Staf Sekolah yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan bagian pengolahan data.
3. Metode Dokumentasi
            Pengumpulan data dengan cara mengutip dan menyalin data dari buku dan sumber lainnya. Data yang didapat penulis untuk menyusun sebuah laporan praktek kerja lapangan adalah didapat dalam artikel soft copy dan hard copy baik dari tata usaha maupun dari media lain. 

4. Studi Pustaka
            Membaca dan mempelajari literatur buku-buku pedoman atau buku yang berkaitan dengan penelitian serta browsing ke situs-situs di internet.





















BAB II

GAMBARAN UMUM TEMPAT PKN

                        SMP Negeri 3 Slahung berdiri pada tahun 1997, berjarak kurang lebih 18 KM dari pusat Kota Ponorogo. SMPN 3 Kec. Slahung terletak Jalan Beji Agung  Dukuh Tlogo Desa Duri Kecamatan Slahung Ponorogo.

B.     Visi, Misi SMPN 3 Kec. Slahung
Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ponorogo harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s. Pernyataan Visi SMPN 3 Kec. Slahung Kabupaten Ponorogo adalah :  “ Berprestasi, Terampil, Berbudi Pekerti Luhur, Berdasarkan Imtaq ” Secara filosofis visi tersebut dapat dijelaskan melalui makna yang terkandung didalamnya, yaitu :
1.      Terwujudnya pengembangan KTSP yang Adaptif dan Proaktif.
2.      Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
3.      Terwujudnya lulusan yang cerdas dan kompetetif.

4.      Terwujudnya SDM yang memiliki kemampuan dan kesanggupan kerja yang tinggi.
5.      Terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan yang relevan.
6.      Terwujudnya kelembagaan dan manajemen sekolah yang tangguh.
7.      Terwujudnya penggalangan dana pendidikan yang memadai.
8.      Terwujudnya Imtaq.

  1. Misi
                        Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, Langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya. Adapun misi SMPN 3 Kec. Slahung adalah sebagai berikut :
1.      Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan ke depan.
2.      Mewujudkan sistem penilaian yang otentik.
3.      Mewujudkan penyelenggaraan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
4.      Mewujudkan pengembangan kurikulum muatan lokal dan life skill.
5.      Mewujudkan pengembangan standar pencapaian ketuntasan kompetensi.
6.      Mewujudkan pengembangan profesionalisme guru.
7.      Mewujudkan monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan.
8.      Mewujudkan fasilitas pendidikan yang relevan dengan kebutuhan.
9.      Mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif.
10.  Mewujudkan sekolah yang sehat.
11.  Mewujudkan pengembangan implementasi MBS.
12.  Mewujudkan pengembangan partisipasi stake holder.
13.  Mewujudkan pengembangan penggalangan dana dari berbagai sumber.
14.  Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar, dan adil.
15.  Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan.
16.  Mewujudkan nilai-nilai agama untuk kenyamanan hidup bagi peserta didik.
17.  Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan sekolah.

C. Profil Sekolah SMP Negeri 3 Slahung
            1.    Nama Sekolah                                 : SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung
             2.   No. Statistik Sekolah                       : 201051110006
            3.   Alamat Sekolah                                : Jl. Beji Agung – Desa DuriKec.                                                                 SlahungKab. Ponorogo
                                                                            Propinsi Jawa Timur
            4.  Telepon/HP/Fax                                : ( 0352 ) 7103233
            5.   Nama Kepala Sekolah                      : Drs Imam Mujahid, MA
            6.   Status Sekolah                                : Negeri
            7.   Tahun didirikan/Tahun Beroperasi      : 1997
            8.    Kepemilikan tanah / Bangunan         : Pemerintah
            9.    Luas Lahan                                     : 9550  m2
          10.    Data Siswa 5 (lima tahun terakhir):
Th. Pelajaran
Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah
 (Kls. VII + VIII + IX)
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Jml Siswa
Jumlah Rombel
Siswa
Rombel
2008/2009
38
36
2
35
2
46
2
117
6
2009/2010
60
57
3
34
2
32
2
123
7
2010/2011
46
46
2
54
3
31
2
131
7
2011/2012
24
24
1
43
2
51
3
118
6
2012/2013
63
63
3
24
1
42
2
109
6


11.   a)  Data Ruang Belajar (Kelas)                                                      
Nama Ruang
Jumlah dan ukuran
Jml. ruang lainnya
yg digunakan untuk Ruang Kelas
(e)
Jumlah ruang yg digunakan untuk Ruang Kelas
(f)=(d+e)
Ukuran
7x9 m2 
(a)
Ukuran
> 63m2
(b)
Ukuran
< 63 m2
(c)
Jumlah (d) =(a+b+c)
R.Kelas
9
-
-
9
0
9
  
 b) Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi*)
Jenis Ruangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
 Kondisi
1. Perpustakaan
1
7 x 12
Rusak Ringan
6. Lab. Bahasa
-
-
-
2. Lab. IPA
1
7 x 15
Rusak Berat
7. Lab. Komp.
-
-
-
3. Ketrampilan
1
18 x 7
Rusak Ringan
8. PTD
-
-
-
4. Multimedia
-


9. Serbaguna/aula
-
-
-
5. Kesenian
-


10. ……………





12. Data Tenaga Pendidik dan Kependidikan
No.
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Jumlah
 Keterangan
1.
Guru
15 org

2.
Tenaga Administrasi
3 org

3.
Pembantu Pelaksana
2
















BAB III

P E M B A H A S A N


A.   Topologi Jaringan Komputer Yang Digunakan Di SMPN 3 Kec.       
 Slahung

                   Sebelum diuraikan tentang Topologi Jaringan Komputer yang digunakan SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung Ponorogo, terlebih dahulu akan di penulis uraikan Pengertian Jaringan Jaringan Komputer dan beberapa istilah dalam Jaringan Komputer. Adapun pengertian Jaringan Komputer adalah sebagai berikut :

1.     Pengertian Jaringan Komputer
                        Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu sama lainnya, menggunakan suatu media dan protokol komunikasi tertentu, sehingga dapat saling berbagi data dan informasi.(Deris Setiawan,2003,hal 1). Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi yang lebih efisien antar pemakai (mail dan teleconference).
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi (Dharma Oetomo(1),2003, hal 07) sehingga dapat berbagi data, informasi, program aplikasi dan perangkat keras seperti printer, scanner, CD Drive maupun harddisk serta memungkinkan komunikasi secara elektronik. Sedangkan pada Aplikasi home user, memungkinkan komunikasi antar pengguna lebih efisien (chat), interaktif entertainment lebih mulTimedia (games, video,dan lain-lain). Klasifikasi Jaringan Komputer :
*     LAN (Lokal Area Network) : Jaringan komputer yang saling terhubung ke suatu komputer server dengan menggunakan topologi tertentu, biasanya digunakan dalam kawasan satu gedung atau kawasan yang jaraknya tidak lebih dari 1 km.

                           
Gambar 1.2 LAN
Secara garis besar ada beberapa tahapan dalam membangun jaringan LAN, diantaranya :
*      Menentukan teknologi tipe jaringannya (Ethernet, Fast Ethernet, Token Ring, FDDI).
*      Memilih model perkabelan (Fiber, UTP, Coaxial).
*      Menentukan bentuk topologi jaringan (Bus, Ring, dan Star).
*      Menentukan teknologi Client/Server atau Peer to Peer.
*      Memilih Sistem Operasi Server (Windows NT, 2000, XP, atau Linux)

*     MAN (Metropolitan Area Network) : Jaringan komputer yang saling terkoneksi dalam satu kawasan kota yang jaraknya bisa lebih dari 1 km. Pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota, kampus dalam satu kota.
                          
Gambar 2.2 MAN

*     WAN (Wide Area Network) : Jaringan komputer yang menghubungkan banyak LAN ke dalam suatu jaringan terpadu, antara satu jaringan dengan jaringan lain dapat berjarak ribuan kilometer atau terpisahkan letak geografi dengan menggunakan metode komunikasi tertentu.
                     
Gambar 2.3 WAN
          Istilah-istilah Dalam Jaringan Komputer :
a.         Gateway
Pintu gerbang sebagai keluar-masuknya paket data dari lokal network menuju outer network. Tujuannya agar client pada lokal network dapat berkomunikasi dengan internet. Router dapat disetting menjadi gateway dimana ia menjadi penghubung antara jaringan lokal dengan jaringan luar.

Sebuah fasilitas untuk menghubungkan diri ke internet secara bersama-sama. Memenuhi permintaan user untuk layanan internet (http, FTP,Telnet) dan mengirimkannya sesuai dengan kebijakan. Bertindak sebagai gateway menuju layanan. Mewakili paket data dari dalam dan dari luar. Menangani semua komunikasi internet eksternal. Bertindak sebagai gateway antara mesin internal dan eksternal. Proxy server mengevaluasi dan mengontrol permintaan dari client, jika sesuai policy dilewatkan jika tidak di deny atau drop. Menggunakan metode NAT. Memeriksa isi paket.

c.         Firewall
Sistem keamanan yang menggunakan device atau sistem yang diletakkan di dua jaringan dengan fungsi utama melakukan filtering terhadap akses yang akan masuk. Berupa seperangkat hardware atau software, bisa juga berupa seperangkat aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh organisasi. Firewall juga dapat disebut sebagai sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall juga umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari hak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generic yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. (PC MILD edisi 13/2008)
Gambar 2.4 Skema firewall

VLAN berupa suatu software dari device switch yang berfungsi untuk mengelompokan user berdasarkan fungsional, 1 broadcast domain       (1 VLAN) dan antar VLAN dapat terkoneksi dengan Router. Teknologi VLAN adalah suatu cara yang memisahkan segmen-segmen pada switch dimana antara 1 segmen dengan segmen lain tidak dapat terkoneksi, koneksi dapat dilakukan dengan menggunakan Router. Dalam satu switch akan berbeda network id nya dan berbeda broadcast domainnya.
2.        Topologi Jaringan Komputer Yang Digunakan SMPN 3 Kec. Slahung
      Topolagi jaringan yang digunakan di SMP Negeri 3 Slahung yaitu Kombinasi antara jaringan Wireles dan Topologi Star. Mengapa demikian untuk karena ruang Lab Komputer Siswa menggunakan Topologi Star, sedangkan untuk ruang yang lain menggunakan Topologi berbasis wireless. Berikut akan disampaikan beberapa peralatan yang digunakan dalam Jaringan Komputer di SMP Negeri 3 Slahung, sebagai berikut :
a.         Komponen Hardware (Komponen fisik network)
Yaitu : PC, Network Interface Card (NIC), yang meliputi kabel, konektor, printer, server, perangkat network (repeater, hub, switch, router, access point, antena).
                 Network Interface Card a.k.a LAN Card, LAN Adapter, Kartu Jaringan Kartu jaringan digunakan untuk menghubungkan PC ke media jaringan sehingga PC tersebut dapat digunakan untuk mengakses sumber daya jaringan tersebut. Perangkat Keras yang digunakan dalam Jaringan Komputer adalah sebagai berikut :
v  Wired Network Adapters
PCMCIA EthernetCard    Ethernet SMC 1244TX (PCI)    Ethernet Card SMC 2206 (USB)

v  Wireless Network Adapters
Ø  PCI
   WiFi Card D-Link         Ethernet SMC2402W (11-22 Mbps)       Online WLAN  (PCI Card)
Ø  USB
     Ethernet WUSB32 (11 Mbps)       SMC2662W         Linksys USB Wireless

Ø  ANTENA
      Indoor
           Directional (SMCHMAMT-6)        Omni Directional Home Antena (SMC HMANT-4)
      Outdoor
             Outdoor Antena 2                Outdoor Antena 1
Ø Kabel
-       Jaringan Ethernet Bus menggunakan kabel coaxial, yaitu RG-58 atau thin-net dan RG-8 atau thick-net.
-       Kabel jaringan yang paling banyak dipakai adalah Unshielded Twisted Pair (UTP). Untuk pemakaian luar gedung digunakan Shielded Twisted Pair (STP).
-       Untuk kinerja jaringan yang lebih optimal dengan bandwith yang lebih besar dapat digunakan kabel fiber optik, misalnya pada FDDI (Fiber Distributed Data Interfaces)
          Terminator, T-ledd og BNC-plugg     fo     kabel


v  HUB 
Ø    HUB adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan lebih dari dua komputer. HUB bekerja dengan metode broadcast, sehingga sebuah sinyal yang masuk ke dalam HUB akan keluar melalui seluruh port yang terdapat pada HUB tersebut.
Ø    Semua perangkat berada dalam satu collision domain
              Contoh :
        

v  SWITCH
Ø  SWITCH adalah istilah dagang/pasar untuk perangkat network yang disebut BRIDGE.
Ø  Beda dengan HUB, Switch tidak akan membroadcast frame ke port lain yang dimiliki oleh SWITCH tersebut.
Ø  Setiap port pada switch merupakan collision domain tersendiri.
Ø  SWITCH bekerja dengan mengacu pada tabel MAC Address (alamat fisik kartu jaringan), jadi sebuah sinyal yang berasal dari sebuah port hanya akan dikeluarkan ke port yang sesuai, yakni port yang disana terkoneksi komputer yang dituju (dibedakan berdasarkan MAC Address).
v  ROUTER :
Ø  Router adalah perangkat yang dapat menggabungkan dua atau lebih network menjadi sebuah internetwork.
Ø  Jadi, Router adalah perangkat yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah internetwork.
Ø  Dengan menggunakan Router, sebuah jaringan yang besar (jaringan dengan jumlah host yang sangat banyak) dapat dipecah menjadi dua atau lebih    jaringan.
Ø  Dengan memecah jaringan besar menjadi dua atau lebih jaringan yang lebih kecil, lalu lintas data dapat diatur dengan lebih baik sehingga kinerja jaringan meningkat.
      
v  Topologi Star
Ø  Pada topologi Star, setiap komponen jaringan terhubung ke sebuah perangkat jaringan (hub, switch, router) yang menjadi pusat dari topologi sehingga membentuk sebuah segmen jaringan.
Ø  Jika dua atau lebih topologi Star dihubungkan sehingga membentuk Star baru, topologi yang terbentuk disebut topologi Extended Star.
Ø  Media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP (10/100/1000Base-T).
               
b.      Komponen Software (Komponen logik dari network)
v  Driver interface
                   Driver interface menjembatani kartu jaringan dengan perangkat lunak
                   jaringan     pada server maupun workstation.
v  Network Operating System (NOS)
                   NOS berjalan pada server dan bertanggung jawab untuk memproses                    request,     mengatu jaringan dan mengendalikan layanan dan device ke
                   semua workstation.
     Ex.       Sistem operasi jaringan, driver untuk NIC, protokol komunikasi, aplikasi (web server/browser, ftp server/client).

c.       Komponen Brainware (Pengguna network)
     Ex. Network administrator, network technician, network user.

3.     Manfaat Jaringan Komputer Dalam Pembelajaran TIK
                   Jaringan Komputer atau sering  disebut juga dengan internet sangat bermanfaat dalam Pembelajaran. Di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung sesuai kurikulum yang berlaku (berdasarkan Kurikukulum KTSP Tahun 2006) selain digunakan sebagai media atau sarana Pembelajaran, Jaringan Komputer atau Internet  juga diajarkan sebagai salah satu Mata Pelajaran. Jaringan Komputer atau internet di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung diajarkan di kelas 9 baik semester 1 maupun  semester 2.
                   Sebab itulah Jaringan Komputer atau  Internet sangatlah bermanfaat dalam pelaksanaan Pembelajaran di SMP Khususnya di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung baik Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi maupun Pelajaran yang lain. 
                   Manfaat Jaringan Komputer atau Internet dalam Pembelajaran TIK di sini bisa berfungsi sebagai obyek atau sumber TIK dan sebagai alat bantu, media maupun sarana Pembelajaran di SMP Negeri 3 Slahung.
                   Salah satu azas dikdaktik menyatakan  bahwa semakin  banya mendia pengajaran atau alat peraga dimanfaatkaan secara teat dalam proses belajar semakin besar daya serap siswa terhadap materi yang di pelajarai (DEPDIKBUD, 1995: 41)
                   Disamping itu pengunaan mediapengajaran dapat mempertinggi kulaitas proses belajar mengqajaqr yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (Nana Sudjana : V).
                   Berdasarkan uraian di atas pengajaran jaringan Komputer atau internet sebagai salah satu media pengajaran, sudah tentu mempunyai manfaat yang sangat penting dalam mencapai tujuan pengajaran terutama Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Manfaatnya di sini dengan adanya Jaringan Komputer atau Internet mampu mempermudah siswa dalam memperoleh sumber belajar, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
      


                  








BAB IV

P E N U T U P

A.    Simpulan
            Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu sama lainnya, menggunakan suatu media dan protokol komunikasi tertentu, sehingga dapat saling berbagi data dan informasi.(Deris Setiawan, 2003,hal 1).
            Adapun Perangkat Jaringan Komputer yang digunakan di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung adalah Jaringan Komputer berbasis wireless.
Jaringan Komputer atau sering  disebut juga dengan internet sangat bermanfaat dalam Pembelajaran. Di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung sesuai kurikulum yang berlaku (berdasarkan Kurikukulum KTSP Tahun 2006) selain digunakan sebagai media atau sarana Pembelajaran, Jaringan Komputer atau Internet  juga diajarkan sebagai salah satu Mata Pelajaran. Jaringan Komputer atau internet di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung diajarkan di kelas 9 baik semester 1 maupun  semester 2.
            Berdasarkan uraian di atas pengajaran jaringan Komputer atau internet sebagai salah satu media pengajaran, sudah tentu mempunyai manfaat yang sangat penting dalam mencapai tujuan pengajaran terutama Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Manfaatnya di sini dengan adanya Jaringan Komputer atau Internet mampu mempermudah siswa dalam memperoleh sumber belajar, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
           
B.     Saran
            Mengiingat betapa banyaknya manfaat Jaringan Komputer yang merupakan bagian dari mata Pelajaran TIK, maka sudah seharusnya TIK yang di dalamnya ada Jaringaan Komputer atau Internet  tetap di masukan dalam salah satu Pelajaran di Sekolah, baik SD, SMP maupun SMA.


















DAFTAR PUSTAKA

§  Herlambang, Moch. Linto, Catur L, Azis. 2008. Panduan Lengkap Menguasai Router Masa Depan Menggunakan MikroTik Router OS™ .ANDI Publisher : Yogyakarta
§  Tanenbaum, Andrew S . 1996 . Jaringan Komputer Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1.Prehallindo : Jakarta
§  Saputro, Daniel T, Kustanto. 2008. Membangun Server Internet dengan MikroTik OS. Gava Media: Yogyakarta
§  Imam Riadi ( 2011 ) Optimalisasi Keamanan Jaringan Menggunakan Pemfilteran Aplikasi Berbasis MikroTik
§  Dwi Febrian Handriyanto ( 2009 ) Kajian Penggunaan MikroTik Router OS™ Sebagai Router Pada Jaringan Komputer
§  Nila Feby Puspitasari ( 2007 ) Implementasi MikroTik Sebagai Solusi Router Murah Dan Mudah
§  Arifin, Zaenal, 2003. “Langkah mudah mengkonfigurasi Router Cisco”, Andi OFFSET, Yogyakarta
§  Purbo, W.Onno dan Tony Wiharjito, 2000 ,“Buku Pintar Internet Keamanan Jaringan Internet”, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
§  Afiudin, Rahmat, 2006, “Membangun Firewall dan Traffic filtering berbasis CISCO,”, Andi OFFSET, Yogyakarta
§  DEPDIKBUD. 1995. Petunjuk Kurikulum Sekolah Menengah Umum, GBPP. Jakarta DEPDIKBUD
§  Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar