BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Praktek Kerja Nyata
Kemajuan
Teknologi Informasi (TI) di Indonesia yang semakin pesat, dan persaingan usaha
yang semakin ketat dan tangatangan globalisasi di masa yang akan datang, kita
harus mempersiapkan bekal untuk menghadapinya, bagi para pemikir yang kritis
dan kondusif, ini akan dijadikan sebuah persaingan sekaligus tantangan untuk
menjadikan dirinya menjadi yang terbaik. Dengan bekal pengetahuan dan
pengalaman maka kita akan selalu siap menghadapi perkembangan zaman ini.
Kemajuan
teknologi di Indonesia tidak hanya berguna dikalangan orang-orang TI saja,
namun di dunia industri juga pendidikan dan perusahaan sekarang telah
berpengaruh besar terhadap kemajuan TI. D Indonesia, dampak yang dapat dilihat
dari perkembengan TI yang digunakan di dunia pendidikan adalah sekarang
sebagian besar sekolah di Indonesia minimal Sekolah Dasar (SD) telah diajarkan
bagaimana cara mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.
Sebab
itu sebagai seorang TI kita juga harus mempersiapkan diri untuk bersaing dengan
pihak-pihak lain. Salah satu cara untuk mmempersiapkan diiri yaitu dengan
mempraktekan ilmu yang kita dapat di bangku kuliah di dunia nyata nyata yaitu
pada dunia usaha, industri, perusahaan
dan lembaga lainnya baik pemerintah maupun swasta, melalui program PKN.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah, yaitu sebagai berikut :
- Topologi Jaringan Local Area Network (LAN) apa yang digunakan SMP
Negeri 3 Slahung.
- Apa manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec.Slahung.
C. Batasan Masalah
Penggunaan Topologi Jaringan Komputer Dalam Pembelajaran
Teknologi
Informasi Dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec. Slahung Kab. Ponorogo
Tahun 2013.
D. Tujuan Praktek Kerja Nyata
Tujuan
dari Praktek Kerja Lapangan di SMP Negeri 3 Slahung ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui Topologi Jaringan Local Area Network \
- Untuk mengetahui Topologi Jaringan Local Area Network \
(LAN) yang digunakan SMP Negeri 3 Slahung.
- Untuk mengetahui manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran
- Untuk mengetahui manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP
Negeri 3 Kec.Slahung.
E. Manfaat Praktek Kerja Nyata
1. Bagi Penulis
- Melatih disiplin dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan tugas.
- Mahasiswa dapat mengenal lingkungan kerja pada suatu instansi untuk
- Mahasiswa dapat mengenal lingkungan kerja pada suatu instansi untuk
menambah pengetahuan, pengalaman dan
mengetahui jaringan
Komputer Local Area
Network (LAN) SMP Negeri 3 Slahung.
- Untuk mengetahui manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran
- Untuk mengetahui manfaat Jaringan Komputer dalam Pembelajaran
Teknik Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Kec.
Slahung
- Menerapkan teori yang diberikan di perkuliahan dengan melaksanakan
- Menerapkan teori yang diberikan di perkuliahan dengan melaksanakan
praktik langsung ke lapangan.
2. Bagi SMP Negeri 3 Slahung
- Dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam mengembangkan
2. Bagi SMP Negeri 3 Slahung
- Dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam mengembangkan
Jaringan Komputer di SMP Negeri 3 Kec. Slahung
- Dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengatasi masalah jaringan
- Dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengatasi masalah jaringan
komputer SMP Negeri 3 Kec. Slahung
-
Dapat digunakan untuk mengetahui manfaat
Jaringan Komputer dalam
Pembelajaran TIK di SMP Negeri 3
Kec. Slahung
F. Metodologi
Metodologi merupakan Metode pengumpulan data atau suatu cara mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam menyelesaikan Kerja Praktek Lapngan ini. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Metode Observasi
Merupakan metode yang dilakukan dengan cara mengamati secara langsung objek dan permasalahan yang terjadi pada organisasi tempat kerja praktek, terutama yang berhubungan tentang dunia informasi.
2. Metode Interview
Merupakan metode yang dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan Kepala Sekolah, Ka Lab Komputer, Guru Komputer dan Staf-Staf Sekolah yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan bagian pengolahan data.
3. Metode Dokumentasi
Pengumpulan data dengan cara mengutip dan menyalin data dari buku dan sumber lainnya. Data yang didapat penulis untuk menyusun sebuah laporan praktek kerja lapangan adalah didapat dalam artikel soft copy dan hard copy baik dari tata usaha maupun dari media lain.
Metodologi merupakan Metode pengumpulan data atau suatu cara mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam menyelesaikan Kerja Praktek Lapngan ini. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Metode Observasi
Merupakan metode yang dilakukan dengan cara mengamati secara langsung objek dan permasalahan yang terjadi pada organisasi tempat kerja praktek, terutama yang berhubungan tentang dunia informasi.
2. Metode Interview
Merupakan metode yang dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan Kepala Sekolah, Ka Lab Komputer, Guru Komputer dan Staf-Staf Sekolah yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan bagian pengolahan data.
3. Metode Dokumentasi
Pengumpulan data dengan cara mengutip dan menyalin data dari buku dan sumber lainnya. Data yang didapat penulis untuk menyusun sebuah laporan praktek kerja lapangan adalah didapat dalam artikel soft copy dan hard copy baik dari tata usaha maupun dari media lain.
4. Studi Pustaka
Membaca dan mempelajari literatur buku-buku pedoman atau buku yang berkaitan dengan penelitian serta browsing ke situs-situs di internet.
Membaca dan mempelajari literatur buku-buku pedoman atau buku yang berkaitan dengan penelitian serta browsing ke situs-situs di internet.
BAB II
GAMBARAN
UMUM TEMPAT PKN
SMP Negeri 3 Slahung
berdiri pada tahun 1997, berjarak kurang lebih 18 KM dari pusat Kota Ponorogo.
SMPN 3 Kec. Slahung terletak Jalan Beji Agung
Dukuh Tlogo Desa Duri Kecamatan Slahung Ponorogo.
B. Visi, Misi SMPN 3 Kec. Slahung
Visi
merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Dinas Pekerjaan Umum
Kabupaten Ponorogo harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif
serta produktif. Visi adalah suatu
gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra
yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan
proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s.
Pernyataan Visi SMPN 3 Kec. Slahung Kabupaten Ponorogo adalah : “ Berprestasi, Terampil, Berbudi Pekerti
Luhur, Berdasarkan Imtaq ”
Secara
filosofis visi tersebut dapat dijelaskan melalui makna yang terkandung
didalamnya, yaitu :
1. Terwujudnya pengembangan KTSP yang Adaptif
dan Proaktif.
2. Terwujudnya proses pembelajaran yang
efektif dan efisien.
3.
Terwujudnya
lulusan yang cerdas dan kompetetif.
4.
Terwujudnya
SDM yang memiliki kemampuan dan kesanggupan kerja yang tinggi.
5. Terwujudnya
sarana dan prasarana pendidikan yang relevan.
6. Terwujudnya
kelembagaan dan manajemen sekolah yang tangguh.
7. Terwujudnya
penggalangan dana pendidikan yang memadai.
8. Terwujudnya
Imtaq.
- Misi
Misi adalah rumusan umum
mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi
berfungsi sebagai pemersatu gerak, Langkah dan tindakan nyata bagi segenap
komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.
Adapun misi SMPN 3 Kec. Slahung adalah sebagai berikut :
1.
Mewujudkan perangkat kurikulum
yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan ke depan.
2.
Mewujudkan sistem penilaian
yang otentik.
3. Mewujudkan
penyelenggaraan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM).
4. Mewujudkan
pengembangan kurikulum muatan lokal dan life skill.
5. Mewujudkan
pengembangan standar pencapaian ketuntasan kompetensi.
6. Mewujudkan
pengembangan profesionalisme guru.
7. Mewujudkan
monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja tenaga pendidik
dan kependidikan.
8. Mewujudkan
fasilitas pendidikan yang relevan dengan kebutuhan.
9. Mewujudkan
lingkungan belajar yang kondusif.
10. Mewujudkan
sekolah yang sehat.
11. Mewujudkan
pengembangan implementasi MBS.
12. Mewujudkan pengembangan partisipasi stake holder.
13. Mewujudkan pengembangan penggalangan dana dari
berbagai sumber.
14. Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar,
dan adil.
15. Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan.
16. Mewujudkan nilai-nilai agama untuk kenyamanan hidup bagi
peserta didik.
17. Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan
sekolah.
C. Profil Sekolah SMP Negeri 3 Slahung
1. Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung
2. No. Statistik Sekolah : 201051110006
3. Alamat Sekolah : Jl. Beji Agung – Desa Duri – Kec. Slahung – Kab. Ponorogo
Propinsi Jawa Timur
4.
Telepon/HP/Fax :
( 0352 ) 7103233
5.
Nama Kepala Sekolah : Drs Imam Mujahid, MA
6.
Status Sekolah :
Negeri
7.
Tahun didirikan/Tahun Beroperasi :
1997
8. Kepemilikan
tanah / Bangunan : Pemerintah
9. Luas Lahan :
9550 m2
10. Data Siswa 5 (lima tahun terakhir):
Th.
Pelajaran
|
Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah
(Kls. VII + VIII + IX)
|
||||
Jml Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Jml Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Jml Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
||
2008/2009
|
38
|
36
|
2
|
35
|
2
|
46
|
2
|
117
|
6
|
2009/2010
|
60
|
57
|
3
|
34
|
2
|
32
|
2
|
123
|
7
|
2010/2011
|
46
|
46
|
2
|
54
|
3
|
31
|
2
|
131
|
7
|
2011/2012
|
24
|
24
|
1
|
43
|
2
|
51
|
3
|
118
|
6
|
2012/2013
|
63
|
63
|
3
|
24
|
1
|
42
|
2
|
109
|
6
|
11. a)
Data Ruang Belajar (Kelas)
Nama Ruang
|
Jumlah dan ukuran
|
Jml. ruang lainnya
yg digunakan untuk Ruang Kelas
(e)
|
Jumlah ruang yg
digunakan untuk Ruang Kelas
(f)=(d+e)
|
|||
Ukuran
7x9 m2
(a)
|
Ukuran
> 63m2
(b)
|
Ukuran
< 63 m2
(c)
|
Jumlah (d) =(a+b+c)
|
|||
R.Kelas
|
9
|
-
|
-
|
9
|
0
|
9
|
b) Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi*)
|
Jenis
Ruangan
|
Jumlah
(buah)
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
1.
Perpustakaan
|
1
|
7 x 12
|
Rusak Ringan
|
6. Lab.
Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
2. Lab.
IPA
|
1
|
7 x 15
|
Rusak
Berat
|
7. Lab.
Komp.
|
-
|
-
|
-
|
3.
Ketrampilan
|
1
|
18 x 7
|
Rusak
Ringan
|
8. PTD
|
-
|
-
|
-
|
4.
Multimedia
|
-
|
|
|
9.
Serbaguna/aula
|
-
|
-
|
-
|
5.
Kesenian
|
-
|
|
|
10. ……………
|
|
|
|
12. Data
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
No.
|
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
Guru
|
15 org
|
|
2.
|
Tenaga Administrasi
|
3 org
|
|
3.
|
Pembantu Pelaksana
|
2
|
|
BAB III
P E M B A H A S A N
A. Topologi Jaringan Komputer Yang Digunakan Di SMPN 3 Kec.
Slahung
Sebelum diuraikan tentang Topologi Jaringan Komputer yang digunakan SMP
Negeri 3 Kecamatan Slahung Ponorogo, terlebih dahulu akan di penulis uraikan
Pengertian Jaringan Jaringan Komputer dan beberapa istilah dalam Jaringan
Komputer. Adapun pengertian Jaringan Komputer adalah sebagai berikut :
1. Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer merupakan sekelompok
komputer otonom yang saling dihubungkan satu sama lainnya, menggunakan suatu
media dan protokol komunikasi
tertentu, sehingga dapat saling berbagi data dan informasi.(Deris Setiawan,2003,hal
1). Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi yang lebih efisien
antar pemakai (mail dan teleconference).
Jaringan komputer adalah sekelompok
komputer otonom yang saling menggunakan protokol
komunikasi melalui media komunikasi (Dharma Oetomo(1),2003, hal 07) sehingga
dapat berbagi data, informasi, program aplikasi
dan perangkat keras seperti printer, scanner, CD Drive maupun harddisk serta memungkinkan komunikasi secara elektronik. Sedangkan
pada Aplikasi home user, memungkinkan
komunikasi antar pengguna lebih efisien (chat),
interaktif entertainment lebih mulTimedia
(games, video,dan lain-lain).
Klasifikasi Jaringan Komputer :
![*](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.gif)
Gambar 1.2 LAN
Secara garis besar ada beberapa tahapan
dalam membangun jaringan LAN, diantaranya :
![*](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![*](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![*](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![*](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![*](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![*](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image008.gif)
Gambar 2.2 MAN
![*](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image010.gif)
Gambar 2.3 WAN
Istilah-istilah Dalam Jaringan
Komputer :
a.
Gateway
Pintu
gerbang sebagai keluar-masuknya paket data dari lokal network menuju outer network.
Tujuannya agar client pada lokal network dapat berkomunikasi dengan
internet. Router dapat disetting menjadi gateway dimana ia menjadi penghubung antara jaringan lokal dengan
jaringan luar.
Sebuah
fasilitas untuk menghubungkan diri ke internet secara bersama-sama. Memenuhi
permintaan user untuk layanan
internet (http, FTP,Telnet) dan
mengirimkannya sesuai dengan kebijakan. Bertindak sebagai gateway menuju layanan. Mewakili paket data dari dalam dan dari
luar. Menangani semua komunikasi internet eksternal. Bertindak sebagai gateway antara mesin internal dan eksternal. Proxy server mengevaluasi dan mengontrol
permintaan dari client, jika sesuai policy dilewatkan jika tidak di deny atau drop. Menggunakan metode NAT. Memeriksa isi paket.
c.
Firewall
Sistem
keamanan yang menggunakan device atau
sistem yang diletakkan di dua jaringan dengan fungsi utama melakukan filtering terhadap akses yang akan
masuk. Berupa seperangkat hardware
atau software, bisa juga berupa
seperangkat aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh organisasi. Firewall juga dapat disebut sebagai
sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggapnya
aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.
Umumnya firewall diimplementasikan
dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan
jaringan lainnya. Firewall juga
umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki
akses terhadap jaringan pribadi dari hak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generic yang merujuk pada sistem yang
mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. (PC MILD edisi 13/2008)
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image012.gif)
Gambar 2.4 Skema firewall
VLAN
berupa suatu software dari device switch yang berfungsi untuk mengelompokan
user berdasarkan fungsional, 1 broadcast domain (1
VLAN) dan antar VLAN dapat terkoneksi dengan Router. Teknologi VLAN adalah
suatu cara yang memisahkan segmen-segmen pada switch dimana antara 1 segmen
dengan segmen lain tidak dapat terkoneksi, koneksi dapat dilakukan dengan
menggunakan Router. Dalam satu switch akan berbeda network id nya dan berbeda
broadcast domainnya.
2.
Topologi Jaringan Komputer Yang Digunakan SMPN 3 Kec.
Slahung
Topolagi jaringan yang digunakan di SMP
Negeri 3 Slahung yaitu Kombinasi antara jaringan Wireles dan Topologi Star.
Mengapa demikian untuk karena ruang Lab Komputer Siswa menggunakan Topologi
Star, sedangkan untuk ruang yang lain menggunakan Topologi berbasis wireless.
Berikut akan disampaikan beberapa peralatan yang digunakan dalam Jaringan
Komputer di SMP Negeri 3 Slahung, sebagai berikut :
a.
Komponen
Hardware (Komponen fisik network)
Yaitu
: PC, Network Interface Card (NIC), yang meliputi kabel,
konektor, printer, server, perangkat network (repeater, hub, switch, router,
access point, antena).
Network
Interface Card a.k.a LAN Card, LAN Adapter, Kartu Jaringan Kartu
jaringan digunakan untuk menghubungkan PC ke media jaringan sehingga PC
tersebut dapat digunakan untuk mengakses sumber daya jaringan tersebut. Perangkat Keras yang digunakan dalam
Jaringan Komputer adalah sebagai berikut :
v Wired Network Adapters
![PCMCIA EthernetCard](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image014.jpg)
![Ethernet SMC 1244TX (PCI)](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image016.gif)
![Ethernet Card SMC 2206 (USB)](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image018.gif)
v Wireless Network Adapters
Ø PCI
![WiFi Card D-Link](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image020.jpg)
![Ethernet SMC2402W (11-22 Mbps)](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image022.gif)
![Online WLAN (PCI Card)](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image024.gif)
Ø USB
![Ethernet WUSB32 (11 Mbps)](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image026.gif)
![SMC2662W](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image028.gif)
![Linksys USB Wireless](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image030.jpg)
Ø ANTENA
Indoor
![Directional (SMCHMAMT-6)](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image032.gif)
![Omni Directional Home Antena (SMC HMANT-4)](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image034.gif)
Outdoor
![Outdoor Antena 2](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image036.jpg)
![Outdoor Antena 1](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image038.jpg)
Ø Kabel
- Jaringan Ethernet Bus menggunakan kabel coaxial, yaitu
RG-58 atau thin-net dan RG-8 atau thick-net.
- Kabel jaringan yang paling banyak dipakai adalah Unshielded
Twisted Pair (UTP). Untuk pemakaian luar gedung digunakan Shielded
Twisted Pair (STP).
- Untuk kinerja jaringan yang lebih optimal dengan bandwith
yang lebih besar dapat digunakan kabel fiber optik, misalnya pada FDDI (Fiber
Distributed Data Interfaces)
![Terminator, T-ledd og BNC-plugg](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image040.jpg)
![fo](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image042.jpg)
![kabel](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image044.jpg)
v HUB
Ø HUB adalah perangkat yang digunakan untuk
menghubungkan lebih dari dua komputer. HUB bekerja dengan metode broadcast,
sehingga sebuah sinyal yang masuk ke dalam HUB akan keluar melalui seluruh port
yang terdapat pada HUB tersebut.
Ø Semua perangkat berada dalam satu collision domain
Contoh :
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image046.gif)
v SWITCH
Ø SWITCH adalah istilah dagang/pasar untuk perangkat
network yang disebut BRIDGE.
Ø Beda dengan HUB, Switch tidak akan membroadcast frame
ke port lain yang dimiliki oleh SWITCH tersebut.
Ø Setiap port pada switch merupakan collision domain tersendiri.
Ø SWITCH bekerja dengan mengacu pada tabel MAC Address
(alamat fisik kartu jaringan), jadi sebuah sinyal yang berasal dari sebuah port
hanya akan dikeluarkan ke port yang sesuai, yakni port yang disana terkoneksi
komputer yang dituju (dibedakan berdasarkan MAC Address).
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image048.jpg)
v ROUTER
:
Ø Router adalah perangkat yang dapat menggabungkan dua
atau lebih network menjadi sebuah internetwork.
Ø Jadi, Router adalah perangkat yang dapat digunakan
untuk membentuk sebuah internetwork.
Ø Dengan menggunakan Router, sebuah jaringan yang besar
(jaringan dengan jumlah host yang sangat banyak) dapat dipecah menjadi dua atau
lebih jaringan.
Ø Dengan memecah jaringan besar menjadi dua atau lebih
jaringan yang lebih kecil, lalu lintas data dapat diatur dengan lebih baik
sehingga kinerja jaringan meningkat.
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image050.jpg)
v Topologi Star
Ø Pada topologi Star, setiap komponen jaringan terhubung
ke sebuah perangkat jaringan (hub, switch, router) yang menjadi pusat dari
topologi sehingga membentuk sebuah segmen jaringan.
Ø Jika dua atau lebih topologi Star dihubungkan sehingga
membentuk Star baru, topologi yang terbentuk disebut topologi Extended Star.
Ø Media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP
(10/100/1000Base-T).
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image052.jpg)
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image054.jpg)
b. Komponen Software (Komponen
logik dari network)
v
Driver
interface
Driver interface menjembatani kartu
jaringan dengan perangkat lunak
jaringan pada server maupun
workstation.
v
Network
Operating System (NOS)
NOS berjalan pada server dan bertanggung
jawab untuk memproses request, mengatu jaringan dan mengendalikan layanan dan device ke
semua workstation.
– Ex. Sistem
operasi jaringan, driver untuk NIC, protokol komunikasi, aplikasi (web
server/browser, ftp server/client).
c. Komponen Brainware (Pengguna
network)
– Ex. Network administrator, network technician, network
user.
3.
Manfaat Jaringan Komputer Dalam Pembelajaran
TIK
Jaringan Komputer atau sering
disebut juga dengan internet sangat
bermanfaat dalam Pembelajaran. Di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung sesuai
kurikulum yang berlaku (berdasarkan Kurikukulum KTSP Tahun 2006) selain
digunakan sebagai media atau sarana Pembelajaran, Jaringan Komputer atau Internet juga diajarkan sebagai salah satu Mata Pelajaran.
Jaringan Komputer atau internet di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung diajarkan di
kelas 9 baik semester 1 maupun semester
2.
Sebab itulah Jaringan
Komputer atau Internet sangatlah
bermanfaat dalam pelaksanaan Pembelajaran di SMP Khususnya di SMP Negeri 3
Kecamatan Slahung baik Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi maupun
Pelajaran yang lain.
Manfaat Jaringan Komputer
atau Internet dalam Pembelajaran TIK di sini bisa berfungsi sebagai obyek atau sumber
TIK dan sebagai alat bantu, media maupun sarana Pembelajaran di SMP Negeri 3
Slahung.
Salah satu azas dikdaktik
menyatakan bahwa semakin banya mendia pengajaran atau alat peraga
dimanfaatkaan secara teat dalam proses belajar semakin besar daya serap siswa
terhadap materi yang di pelajarai (DEPDIKBUD, 1995: 41)
Disamping itu pengunaan
mediapengajaran dapat mempertinggi kulaitas proses belajar mengqajaqr yang pada
akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (Nana Sudjana : V).
Berdasarkan uraian di atas
pengajaran jaringan Komputer atau internet sebagai salah satu media pengajaran,
sudah tentu mempunyai manfaat yang sangat penting dalam mencapai tujuan
pengajaran terutama Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Manfaatnya di sini dengan adanya Jaringan Komputer atau Internet mampu mempermudah
siswa dalam memperoleh sumber belajar, sehingga pada akhirnya dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa.
BAB IV
P E N U T U P
A.
Simpulan
Jaringan komputer merupakan
sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan satu sama lainnya,
menggunakan suatu media dan protokol komunikasi tertentu, sehingga dapat saling
berbagi data dan informasi.(Deris Setiawan, 2003,hal 1).
Adapun Perangkat Jaringan Komputer
yang digunakan di SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung adalah Jaringan Komputer berbasis
wireless.
Jaringan
Komputer atau sering disebut juga dengan
internet sangat bermanfaat dalam Pembelajaran. Di SMP Negeri 3 Kecamatan
Slahung sesuai kurikulum yang berlaku (berdasarkan Kurikukulum KTSP Tahun 2006)
selain digunakan sebagai media atau sarana Pembelajaran, Jaringan Komputer atau
Internet juga diajarkan sebagai salah
satu Mata Pelajaran. Jaringan Komputer atau internet di SMP Negeri 3 Kecamatan
Slahung diajarkan di kelas 9 baik semester 1 maupun semester 2.
Berdasarkan uraian di atas
pengajaran jaringan Komputer atau internet sebagai salah satu media pengajaran,
sudah tentu mempunyai manfaat yang sangat penting dalam mencapai tujuan
pengajaran terutama Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Manfaatnya di sini dengan adanya Jaringan Komputer atau Internet mampu
mempermudah siswa dalam memperoleh sumber belajar, sehingga pada akhirnya dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa.
B.
Saran
Mengiingat betapa banyaknya manfaat
Jaringan Komputer yang merupakan bagian dari mata Pelajaran TIK, maka sudah
seharusnya TIK yang di dalamnya ada Jaringaan Komputer atau Internet tetap di masukan dalam salah satu Pelajaran
di Sekolah, baik SD, SMP maupun SMA.
DAFTAR PUSTAKA
§ Herlambang, Moch. Linto, Catur L, Azis. 2008. Panduan Lengkap Menguasai Router Masa Depan Menggunakan MikroTik Router OS™ .ANDI Publisher :
Yogyakarta
§ Tanenbaum, Andrew S . 1996 . Jaringan Komputer Edisi Bahasa Indonesia Jilid
1.Prehallindo : Jakarta
§ Saputro, Daniel T, Kustanto. 2008. Membangun Server Internet dengan MikroTik
OS. Gava Media: Yogyakarta
§ Imam Riadi ( 2011 ) Optimalisasi Keamanan Jaringan Menggunakan Pemfilteran Aplikasi Berbasis MikroTik
§ Dwi
Febrian Handriyanto ( 2009 ) Kajian Penggunaan MikroTik Router OS™ Sebagai Router
Pada Jaringan Komputer
§ Nila Feby Puspitasari ( 2007 ) Implementasi MikroTik Sebagai Solusi Router Murah Dan Mudah
§ Arifin,
Zaenal, 2003. “Langkah mudah mengkonfigurasi Router Cisco”, Andi OFFSET,
Yogyakarta
§ Purbo,
W.Onno dan Tony Wiharjito, 2000 ,“Buku Pintar Internet Keamanan Jaringan
Internet”, PT Elex Media
Komputindo, Jakarta
§ Afiudin, Rahmat, 2006, “Membangun
Firewall dan Traffic filtering berbasis CISCO,”, Andi OFFSET, Yogyakarta
§ DEPDIKBUD.
1995. Petunjuk Kurikulum Sekolah Menengah Umum, GBPP. Jakarta DEPDIKBUD
§ Sudjana,
Nana dan Ahmad Rifai. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar